Table Mountain

Table Mountain

Table Mountain merupakan gunung beratap datar membentuk tengara terkemuka yang menghadap kota Cape Town di Afrika Selatan. Ini adalah objek wisata yang signifikan, dengan banyak pengunjung menggunakan cableway atau hiking ke puncak. Gunung merupakan bagian dari Taman Nasional Table Mountain.

Fitur
Table Mountain dilihat dari fitur Head.The utama singa Tabel Mountain adalah tingkat dataran tinggi sekitar 3 kilometer (2 mil) dari sisi ke sisi, dikelilingi oleh tebing-tebing curam. Dataran tinggi, diapit oleh Devil’s Peak di timur dan oleh Lion’s Head ke barat, membentuk sebuah latar belakang yang dramatis ke Cape Town dan perusahaan Tabel pelabuhan Teluk, dan bersama-sama dengan Signal Hill bentuk alami amfiteater dari Kota Bowl.

Titik tertinggi pada Tabel Mountain adalah menuju ujung timur dataran tinggi dan ditandai oleh Maclear’s Beacon, sebuah cairn batu yang dibangun pada tahun 1865 oleh Sir Thomas Maclear untuk survey trigonometri. Ini adalah 1.086 meter (3.563 kaki) di atas permukaan laut, sekitar 19 meter (62 kaki) lebih tinggi dari stasiun kabel di ujung barat dataran tinggi.

Tebing di dataran tinggi utama adalah split yang dilakukan oleh Taman Platteklip (“Flat Taman Batu”), yang menyediakan pendakian mudah dan langsung ke puncak dan rute yang diambil oleh António de Saldanha pada pendakian pertama yang tercatat gunung di tahun 1503.

Puncak gunung datar sering ditutupi oleh awan orografik, terbentuk ketika angin timur selatan diarahkan ke atas lereng gunung ke udara dingin, mana air mengembun membentuk kain “meja yang disebut” awan. Legenda atribut fenomena ini ke kontes merokok antara Iblis dan bajak laut lokal bernama Van bakhil.

Ketika kain meja terlihat, itu melambangkan kontes. Tabel Mountain berada di ujung utara dari pegunungan batu pasir yang membentuk tulang punggung Semenanjung Cape. Untuk bagian selatan dataran tinggi utama adalah bagian bawah dari rentang yang disebut Tabel Kembali. Di pantai Atlantik semenanjung, rentang dikenal sebagai Dua Belas Rasul. Rentang ini terus ke arah selatan ke Cape Point.

 Panorama dari puncak Gunung Table. Dari kiri ke kanan adalah Lion’s Head terlihat, Signal Hill, Robben Island, Cape Town pusat kota, Tabel Bay, dan Devil’s Peak. Geology Semenanjung Cape dan Tabel citra-Landsat Mountain atas Elevasi SRTM. Utara di sebelah kiri gambar, dan Tabel Mountain adalah di latar depan di ujung utara semenanjung.

Table Mountain dari lereng bagian atas Lion Head.The tentang mesa gunung terdiri dari batu pasir quartzitic Ordovisium, sering disebut sebagai Gunung Table Batupasir (TMS), yang sangat resisten terhadap erosi dan bentuk-bentuk karakteristik tebing curam abu-abu. Di bawah batu pasir adalah lapisan serpih basal dari mika, yang cuaca cukup mudah dan karena itu tidak mudah terlihat. ruang bawah tanah terdiri dari berat dilipat dan mengubah serpih terlambat Prakambrium Malmesbury, yang telah diterobos oleh Granit Cape. Batuan dasar tidak hampir sama tahan terhadap cuaca sebagai TMS tapi singkapan signifikan dari Tanjung Granit terlihat di sisi barat Lion’s Head.

Flora
Vegetasi utama gunung adalah Cape unik dan kaya fynbos, yang merupakan bagian dari Daerah Cape Floral kawasan lindung. Daerah-daerah yang dilindungi ini sebagai Situs Warisan Dunia, dan diperkirakan 2.200 spesies tanaman ditemukan di gunung sendirian. Di antara spesies ini banyak jenis proteas. Patch sisa hutan adat tetap di beberapa jurang basah namun tidak pada wajah lebih terbuka di atas kota, di mana kondisi terlalu kering dan kasar untuk hutan. Gunung ini juga menderita serangan serius tanaman asing selama lebih dari satu abad, dengan penyerbu terburuk mungkin menjadi pohon pinus cluster. upaya yang cukup besar telah dilakukan untuk mengeliminasi tanaman asing.

Fauna
Binatang yang paling umum di gunung adalah dassie, atau hyrax rock. Mereka terutama cluster sekitar stasiun kabel atas, daerah dekat di mana wisatawan dapat membuang atau (ilegal) pasokan makanan. Ada juga landak, mongooses, ular dan kura-kura. Singa terakhir di daerah itu ditembak sekitar tahun 1802. Macan tutul terus di atas gunung sampai mungkin tahun 1920-an namun sekarang telah punah secara lokal. Dua yang lebih kecil, rahasia, karnivora malam hari, yang rooikat (caracal) dan vaalboskat (juga disebut vaalkat atau African Wild Cat) dulu biasa di gunung. rooikat terus dilihat pada kesempatan yang jarang oleh pendaki gunung tapi status vaalboskat tidak pasti.

Himalaya tahrs, keturunan tahrs buronan yang melarikan diri dari kebun binatang Groote Schuur pada tahun 1936, digunakan untuk umum pada bagian atas kurang dapat diakses dari gunung. Sebagai spesies eksotik, mereka hampir dimusnahkan melalui program pemusnahan diprakarsai oleh Taman Nasional Afrika Selatan untuk membuat jalan bagi reintroduksi klipspringers adat. Sampai baru-baru ini ada juga sejumlah kecil rusa bera asal Eropa dan rusa sambar dari Asia Tenggara. Ini terutama di daerah Memorial Rhodes tetapi selama tahun 1960-an mereka dapat ditemukan sejauh jauh sebagai Signal Hill. Binatang mungkin sekarang telah dieliminasi atau dipindahkan.

Sejarah

Table Mountain dari kapal HMS Kapten Cook Resolusi oleh William Hodges (1772)
De Villers reservoir, hanya ke kiri sebagai Bridle Path mencapai bagian atas nama TableThe Kembali asli diberikan kepada gunung oleh penduduk Khoi pertama kwaggo Hoeri ‘(“laut gunung”).

Prasejarah orang pertama meninggalkan bukti di sini lebih dari 600.000 tahun yang lalu. Alat bukti ini Batu Usia Dini pemburu-pengumpul yang ditemukan di sebuah depresi dekat Tanjung Harapan. Zaman Batu Tengah jiwa (yang berasal dari 200.000 sampai 40.000 tahun yang lalu) juga meninggalkan bukti dari kehidupan mereka di Semenanjung. Fosil dari sekitar 8000 SM menunjukkan bahwa dengan periode tersebut penduduk wilayah ini telah mengembangkan busur dan anak panah yang mereka gunakan untuk berburu.

San (atau Bushmen) pemburu-pengumpul mengandalkan pantai untuk sebagian besar makanan mereka. Hal ini mengakibatkan penamaan Belanda, Strandlopers (combers pantai). Sekitar 2000 tahun yang lalu Khoikhoi bermigrasi dari utara, menggusur San, dengan membawa kawanan ternak mereka dan domba. Itu adalah Khoikhoi yang suku yang dominan ketika Eropa berlayar ke Tabel Bay.

António de Saldanha adalah orang Eropa pertama yang mendarat di Tabel Bay. Dia mendaki gunung besar di tahun 1503 dan menamakannya ‘Table Mountain’. Salib besar bahwa navigator Portugis diukir di batu karang Lion’s Head masih dilacak.

Pada tahun 1796, selama pendudukan Inggris Cape, Mayor Jenderal Sir James Craig memesan tiga blockhouses akan dibangun di Gunung Table: kubu pertahanan Raja, Duke of York kubu pertahanan (kemudian berganti nama menjadi benteng pertahanan Queen), dan kubu pertahanan Pangeran Wales. Dua di antaranya berada di reruntuhan hari ini, tetapi benteng pertahanan Raja masih dalam kondisi baik [8.] [9] [10] dan dengan mudah diakses dari Rhodes Memorial.

Antara 1896, dan 1907 lima bendungan, yang Woodhead, Hely-Hutchison, De Villiers, Alexandria dan waduk Victoria, dibuka pada Tabel Kembali ke pasokan air Cape Town kebutuhan. Sebuah ropeway naik dari Camps Bay melalui Kasteelspoort jurang digunakan untuk feri bahan dan tenaga kerja (jangkar poin di atas stasiun tua masih bisa dilihat). Ada lokomotif uap terpelihara dari periode ini disimpan di Museum PDAM di puncak gunung dekat bendungan Hely-Hutchinson.

Sudah digunakan untuk mengangkut bahan-bahan untuk bendungan di bagian atas gunung rata. kebutuhan air Cape Town telah sejak jauh melampaui kapasitas bendungan dan mereka tidak lagi menjadi bagian penting dari pasokan air.

Gunung ini menjadi bagian dari Semenanjung Cape baru Taman Nasional di tahun 1990-an. Taman itu berganti nama dengan Taman Nasional Table Mountain pada tahun 1998.

Kebakaran yang umum di gunung. Api utama terbaru terjadi di bulan Januari 2006, menghancurkan sejumlah besar vegetasi dan mengakibatkan kematian turis.

Sebuah biaya pembakaran dan pembunuhan dibaringkan bersalah terhadap orang Inggris yang dicurigai mulai kobaran api.

Cableway

Table Mountain Aerial Cable CarThe Gunung Table Cableway [11] membawa penumpang dari stasiun kabel lebih rendah di Tafelberg Road, sekitar 302 m di atas permukaan laut, ke dataran tinggi di bagian atas gunung. Stasiun kabel atas menawarkan pemandangan menghadap Cape Town, Tabel Bay dan Robben Island di utara, dan daerah pesisir Atlantik di barat dan selatan.

Pembangunan cableway pertama kali dimulai pada tahun 1926, dan cableway secara resmi dibuka pada tahun 1929. Pada tahun 1997, cableway itu luas ditingkatkan, dan mobil baru diperkenalkan mengangkut 65, bukan 25 penumpang. Mobil-mobil baru memberikan perjalanan lebih cepat ke puncak, dan memutar melalui 360 derajat selama pendakian atau keturunan, memberikan pemandangan kota.

Stasiun kabel atas menawarkan sudut pandang, toko barang antik, restoran dan jalan setapaknya dari berbagai panjang.

Kegiatan
Hiking

Winter pendakian Gunung Table. Pendaki berangkat pada salah satu trailsHiking populer pada Tabel Mountain adalah populer di antara penduduk setempat dan

wisatawan, dan sejumlah jejak dari berbagai kesulitan yang tersedia. Karena tebing curam di sekitar puncak, ascents langsung dari sisi kota terbatas.

Platteklip Gorge, sebuah ngarai terkemuka bagian tengah meja utama, adalah pendakian langsung populer dan langsung ke puncak. Par untuk kursus ini sekitar 2,5 jam, tapi dilakukan antara 1-3 jam tergantung pada tingkat kebugaran seseorang.

Rute yang lebih lama untuk puncak pergi melalui Tabel Kembali, sebuah daerah yang lebih rendah dari Gunung Table sebelah selatan dataran tinggi utama. Dari sisi Suburbs Selatan, dan Taman Tk Jurang Skeleton rute mulai dari Kirstenbosch Nasional Botanical Garden. Rute melalui Skeleton Gorge untuk Maclears Beacon dikenal sebagai Smuts Track dalam memori Jan Smuts, yang merupakan pejalan kaki yang tajam. Jalan Bridle, atau Jeep Track, membuat pendakian lebih bertahap dari Constantia Nek sepanjang jalan yang digunakan untuk layanan bendungan di Kembali Tabel. Ada banyak jalan lain di daerah berjalan populer di lereng bawah gunung diakses dari Constantia Nek, Cecilia Hutan, Kirstenbosch, Newlands Hutan dan Rhodes Memorial.

Di sisi Atlantik, pendakian yang paling populer adalah Kasteelspoort, sebuah jurang yang menghadap Camps Bay, sedangkan Track Pipa merupakan rute tingkat populer dengan pejalan kaki.

The Trails Hoerikwaggo adalah empat hiking trails pada Tabel Mountain antara dua sampai enam hari, yang dioperasikan oleh Taman Nasional Afrika Selatan.

Penduduk asli daerah, yang Khoekhoen dan suku San disebut Table Mountain Hoerikwaggo – “laut gunung”. Keempat Tabel hiking trails Mountain disebut Trail Rakyat, Table Mountain Trail, Orangekloof Hiking Trail dan Top Tips Trail.

Panjat tebing
Panjat tebing pada Tabel Mountain adalah hobi yang sangat populer. Ada terdokumentasi dengan baik jalur pendakian berbagai tingkat kesulitan menaiki banyak wajah gunung. Climbs utama terletak di tebing di bawah stasiun kabel atas. Tidak lari bisa dilakukan di sini dan hanya tradisional pendakian diperbolehkan. kelompok Komersial juga menawarkan abseiling sejak stasiun kabel atas.

Caving
Sebagian besar gua penting di dunia terjadi di Gunung Table kapur tetapi tidak lazim dalam sistem memiliki beberapa gua besar yang telah berkembang dalam batu pasir. Sistem terbesar adalah Gua Wynberg, terletak di Tabel Kembali, tidak jauh dari Track Jeep, di pegunungan menghadap Orange Kloof dan Hout Bay.

“Mensa” konstelasi
Tabel Mountain adalah fitur hanya terestrial untuk memberikan nama menjadi konstelasi-Mensa, Artinya Tabel. Rasi bintang yang terlihat di belahan bumi selatan, di bawah Orion, sekitar tengah malam pada pertengahan Juli. Hal bernama oleh astronom Perancis Nicolas de Lacaille selama tinggal di Cape pada pertengahan abad kedelapan belas.

sumber: http://wonders4u.wordpress.com/nature-wonders/table-mountain/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s