Iguazu Falls

Iguazu Falls

Iguazu Falls, Iguassu Falls, atau Iguacu Falls ,Cataratas del Iguazu, adalah air terjun Sungai Iguazu yang terletak di perbatasan negara bagian Parana Brasil dan provinsi Misiones Argentina.

legenda, dewa berencana untuk menikah dengan orang pribumi yang indah bernama Naipí, yang melarikan diri dengan kekasih Tarobá fana di sebuah perahu. Dalam kemarahan, dewa memotong sungai dan menciptakan air terjun, dan mengutuk sang kekasih agar terjatuh dalam air terjun.

Orang Eropa pertama yang menemukan adalah Conquistador Spanyol Alvar Nunez Cabeza de Vaca tahun 1541, setelah menemukan air terjun yang yang jatuh di sisi Argentina kemudian oleh Boselli pada akhir abad kesembilan belas.

Sistem air terjun terdiri dari 275 kali jatuh di sepanjang 2,7 kilometer (1,67 mil) dari Sungai Iguazu. Beberapa air terjun yang jatuh hingga 82 meter (269 kaki) tingginya, meskipun mayoritas adalah sekitar 64 meter (210 kaki).adalah yang paling mengesankan dari semua adalah The Devil’s Throat (Garganta del Diablo di Spanyol), berbentuk U, 82-meter-tinggi, 150-meter lebar dan 700 meter panjang , dan menandai perbatasan antara Argentina dan Brasil. Dua pertiga dari air terjun berada dalam wilayah Argentina. Sekitar 900 meter dari panjang 2,7 kilometer tidak memiliki air yang mengalir di atasnya. Air dari kerendahan Iguazu terkumpul dalam sebuah lembah yang mengalir ke Sungai Parana di Argentina, dan berakhir di bendungan Itaipu.

Air terjun dapat dicapai dari dua kota utama di kedua sisi yang jatuh: Foz do Iguacu di negara Brasil Parana, dan Puerto Iguazu di provinsi Misiones Argentina serta dari Ciudad del Este (Paraguay) di sisi lain Parana sungai dari Foz do Iguacu. Air terjun ini dimiliki oleh Taman Nasional Iguazu (Argentina) dan Taman Nasional Iguacu (Brasil). Taman ini ditujukan Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1984 dan 1987.

Di sisi Brasil ada di sepanjang jalan ngarai dengan perluasan ke basis bawah Devil’s Throat. Dari Bandara Foz do Iguacu dapat ditempuh dengan taksi atau bis . Ada biaya masuk ke taman. Kota Foz do Iguacu adalah sekitar 20 km dari bandara di antara taman dan kota.

Akses Argentina difasilitasi oleh Ecologico Trend de la Selva (Rainforest Ekologi Train), yang membawa pengunjung ke jalan setapak yang berbeda. Para Paseo Garganta del Diablo adalah jejak satu kilometer-panjang yang membawa pengunjung langsung di atas air terjun Devil’s Throat. jalan setapak lainnya memperbolehkan akses ke stretch memanjang dari jatuh di sisi Argentina dan feri yang menghubungkan ke Pulau San Martin.

Wilayah aliran air terjun memberikan kesempatan untuk air arung jeram dan panjat tebing.

Setelah melihat Iguazu Falls, Iguazu juga sering dibandingkan dengan Afrika Selatan Victoria Falls yang memisahkan Zambia dan Zimbabwe. Iguazu lebih lebar, tapi karena dibagi menjadi sekitar 270 tingkat , Victoria adalah air terkjun terbesar di dunia, di lebih dari 1.600 m (m 5.249 kaki) lebar dan lebih dari 100 (328 kaki) tingginya (dalam Victoria aliran rendah dibagi menjadi lima bahagian). Satu-satunya yang lebih luas jatuh sangat besar cepat-seperti jatuh seperti Boyoma Falls .Iguazu saat ini memiliki aliran terbesar kedua di dunia, setelah Niagara.

Air yang jatuh di atas Iguazu di puncak memiliki luas permukaan sekitar 40 Ha sementara Victoria di puncak memiliki luas permukaan lebih dari 55 ha . Sebagai perbandingan, Niagara memiliki permukaan daerah di bawah 18,3 ha, Pandangan disini jauh lebih baik dengan jalan setapak dan bentuk yang memungkinkan untuk pemandangan spektakuler. Pada satu titik orang berdiri dan dikelilingi oleh 260 derajat air terjun. The Devil’s Throat telah menuangkan air ke dalamnya dari tiga sisi. Demikian juga, karena Iguazu dibagi menjadi banyak relatif kecil air jatuh, kita dapat melihat bagian ini pada suatu waktu. Victoria tidak memungkinkan, karena pada dasarnya salah satu air terjun yang jatuh ke dalam jurang dan terlalu besar sekaligus. Lokasi ini telah diabadikan dalam beberapa filem antara lain :The Mission, Happy Together, Miami Vice, Mr. Magoo, Moonraker, and Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull.

sumber: http://wonders4u.wordpress.com/nature-wonders/iguazu-falls/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s