Gua Mogao (China)

Gua Mogao

 

Gua Mogao (bahasa Tionghoa: 莫高窟; pinyin: mò gāo kū) (juga dijuluki sebagai Gua Seribu Buddha dan Gua Dunhuang) membentuk suatu sistem 492 kuil yang terletak 25 km (15,5 mil) arah tenggara dari pusat kota Dunhuang, sebuah oase strategis tang terletak di persimpangan jalur lintas budaya Jalur Sutra di provinsi Gansu, China. Gua-gua ini menyimpan beberapa contoh terbaik Seni Buddha yang mencakup rentang waktu 1.000 tahun. Pembangunan tempat suci buddha ini dimulai pada tahun 366 M sebagai tempat penyimpanan naskah suci dan seni buddha. Gua Mogao adalah gua berukir yang paling terkenal di China, disamping Gua Longmen dan Gua Yungang. Ketiganya adalah situs arca buddha paling termahsyur di China. Gua-gua ini juga terkenal akan keindahan lukisan dindingnya.

Kini di situs ini tetap berlangsung proyek penelitian arkeologi. Gua Mogao menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987. Antara tahun 1988 hingga 1995 sebanyak 248 gua ditemukan di arah utara dari 487 gua yang telah diketahui sejak tahun 1900-an

Gua Mogao juga merupakan pusat kebudayaan di Jalan Sutra dari abad ke-4 sampai ke-14 yang berisi karya-karya seni keagamaan yang mencakup seluruh periode..

Mural atau lukisan dinding saat ini sering kita jumpai di sudut-sudut kota. Namun tahukah Anda, kegiatan melukis yang banyak diminati anak muda ini telah dilakukan di Gua Mogao, China, sejak beberapa abad yang lampau.

Di Gua Mogao, dekat kota Dunhuang, Provinsi Gansu, China, Kita akan banyak menemukan mural dengan gaya China yang khas. Gua yang juga terkenal sebagai Gua. Ribuan Budha ini merupakan sistem gua candi Budha. Di kompleks gua ini, ada sekitar 600 gua candi yang masih bertahan, dimana 30 diantaranya terbuka untuk umum dan wisata. Sedangkan sisanya tertutup untuk pelestarian, karena gua-gua ini mengandung mural Tantra yang dianggap terlalu eksplisit bagi pengunjung. Secara umum, gua-gua tertua berada di tengah tebing. Setiap gua diberi label dengan nomor di atas pintunya. Gua-gua ini tidak dilengkapi cahaya dalam rangka menjaga mural yang ada.

Tetapi selama panduan wisata Anda dianjurkan membawa senter. Sistem gua yang ada di sini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Gua Wei Utara (386-581), Gua Wei Barat (535-56), Gua Zhou Utara (557-581), Gua Sui (581-618), Gua Tang (618-906), dan gua yang didirikan terakhir (906-1360). Bagian gua ini mempunyai gua-gua yang lebih kecil.

Bila datang ke Gua Wei Utara misalnya, pada beberapa gua kecilnya, Anda akan melihat Mural yang menunjukkan banyak pengaruh asing dimana gambar-gambar wajah memiliki hidung yang panjang dan rambut keriting serta wanita berpayudara besar. Di dalam gua ini, Anda juga akan melihat lukisan Budha dalam berbagai warna. Atau jika datang ke Gua Sui, Anda akan melihat lukisan dengan sapuan kuas yang rumit. Garis-garisnya mengalir dengan penggunaan warna yang mewah, termasuk emas dan perak.

Selain pada kedua gua ini, masih banyak lukisan menarik yang menanti untuk Anda lihat di kompleks Gua Mogao. Berbagai lukisan ini pastinya akan membuat Anda berdecak kagum. Tepat di luar pintu masuk ke kompleks gua, Anda juga akan menemukan Pusat Penelitian dan Pameran dengan tujuh replika gua (3, 217, 220, 249, 275, 285, 419).

Gambar Gua Mogao(China)

Gambar-Gambar Mural di Gua Mogao (China)

Lukisan Xuanzang tengah melakukan upacara untuk Buddha

 

 mural abad ke-10 dari gua nomor61, menampilkan biara buddha zaman dinasti Tang di Gunung Wutai, provinsi Shanxi

 

Gambar lukisna dinding menampilkan Kaisar Han Wudi (156 – 87 SM) memuja dua arca Buddha, sekitar tahun 700 M

   

Lukisan China dari zaman dinasti Tang menampilkan Sakyamuni muda mencukur rambutnya

Lukisan Vajrapani di perpustakaan tersembunyi di Gua Mogao



disusun oleh:

Budi Mulyana, M. Iqbal R., Dea Fitriany, Nana Cholisna, Eli Laili N., Vicky Amiruddin, Euis Istikomah, Yayan Aom H., Indah Megawati, Yofa Fadillah H., Meirasari Dewi 

Sumber: 

 

Media Indonesia. (2010). Mural Kuno di Gua Mogao, China. [Online]. Tersedia: http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/index.php/read/2010/08/24/1277/2/Mural-Kuno-di-Gua-Mogao-China [13 November 2010]

Wikipedia. (2010). Gua Mogao. [Online]. Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Gua_Mogao   [13 November 2010]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s